Langkah Mudah Mengurangi Sampah Makanan





            Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, data timbulan sampah nasional pada tahun 2022 sebanyak 36 juta ton dan komposisi sampah didominasi oleh sampah sisa makanan sebesar 40.38%. Selain itu sumber sampah banyak dihasilkan dari rumah tangga sebesar 38.35%.

Sampah sisa makanan atau food waste merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup jika tidak dikelola dengan baik. Food waste adalah makanan yang siap dikonsumsi namun terbuang begitu saja. Food waste yang tidak diolah hingga berakhir di TPA akan memicu timbulnya gas metan yang berbahaya bagi lingkungan. 

Banyak hal kecil yang tanpa kita sadari berdampak langsung kepada food waste, seperti tidak menghabiskan makanan, mencoba makanan dalam jumlah banyak lalu tidak menghabiskannya, dan tidak mengelola sisa makanan dengan baik. 


Sampah makanan sangat berbahaya bagi lingkungan untuk jangka panjang. Ketika sampah makanan yang menumpuk lalu membusuk akan mengeluarkan gas metan yang menyebabkan pemanasan global. Selain itu banyaknya sampah makanan akan dapat memicu terjadinya ledakan sampah seperti yang pernah terjadi di TPA Leuwigajah-Bandung pada 2005 silam. Sampah tercampur dan tidak terpilah menumpuk di berbagai lokasi ketika musim hujan akan terkena air dan akan menghasilkan air lindi. Air lindi hasil dari sampah yang tercampur sangat berbahaya karena mengandung unsur logam seperti timbal, besi, dan tembaga. Jika tidak diolah dengan baik maka akan mencemari tanah dan air serta biota yang hidup di air. 


        Begitu besar dampaknya jika sampah sisa makanan tidak diolah dengan baik. Agar tidak banyak menimbulkan food waste, berikut beberapa langkah mudah untuk mengurangi sampah makanan. 


  1. Meal Planning 

Meal planning atau perencanaan makanan sangat bermanfaat untuk merencanakan makanan apa saja yang akan dimasak atau dikonsumsi. Dengan perencanaan makanan kita bisa membuat list kebutuhan agar meminimalisir bahan yang terbuang percuma.


  1. Ambil makanan secukupnya dan habiskan makanan

Saat makan disarankan mengambil makanan secukupnya dan menghabiskan makanan agar tidak terbuang sia-sia jika mengambil secara berlebihan dan tidak dihabiskan. 


  1. Lakukan pengomposan

Jika makanan tidak habis maka jangan langsung dibuang namun mulailah dengan mengkompos. Dengan mengkompos kita berkontribusi dalam pencegahan pemanasan global.



    Nah itu dia cara mudah untuk mengurangi sampah makanan karena sampah menjadi tanggung jawab kita bersama dan sudah sewajibnya kita bijak mengolah sampah. Langkah kecil yang bisa kita lakukan akan berdampak pada lingkungan. 





🌱Berkarya, Berdaya, dan Menginspirasi🌱







Sumber : https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mol Buah Belimbing

Pendidikan Lingkungan Sejak Dini