KKN PPM - Desa Pempatan


KKN-PPM PERIODE XV TAHUN 2017

DESA PEMPATAN, KECAMATAN RENDANG, KARANGASEM

Senin, 24 Juli 2017 ; serah terima mahasiswa KKN di Balai Desa Pempatan

Well, here we go. Perjalanan dan pengalaman baru dalam hidup saya dimulai disini, ya Desa Pempatan dalam rangka menjalankan tugas wajib dari Universitas Udayana melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata). 
Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemerdayaan Masyarakat (KKN-PPM)adalah suatu kegiatan intrakulikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajardan bekerja kepada mahasiswa. Melalui KKN-PP, mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Manfaat KKN sendiri bagi mahasiswa adalah menumbuhkan simpati dan empati kepada lingkungan pergaulan (masyarakat), dapat menerapkan ilmu yang didapat di kelas, dan memberikan pengalaman serta keteram[ilan kepada maasiswa sebagai kader pembanguna.


Lima (5) minggu dilepas kedesa, and time to explore (re : menjalankan proker KKN 😂😂😂), dengan tim Lamis Pempatan yang berjumlah 15 orang dari berbagai fakultas dan jurusan tentunya, yang terdiri dari 10 cewek dan 5 cowok. Awalnya tak saling kenal dan merasa asing dengan wajah-wajah anggota Geng Lamis , tapi perlahan mulai akrab dan mulai nyaman berteman dengan mereka. Sebelum dilepas ke desa, terlebih dahulu kita mengadakan survey lapangan dengan didampingi oleh DPL (dosen pendamping lapangan) yaitu Ibu Sarasmitha dari FMIPA. Memulai pertemuan dengan perangkat desa untuk mendapatkan data penduduk, mata pencaharian, jumlah dusun, batas wilayah desa, dan mulai memperkenalkan diri dari masing-masing individu. Desa Pempatan terdiri dari 11 Dusun, diantaranya Dusun Pempatan, Dusun Kubakal, Dusun Putung, Dusun Alasngandang, Dusun Teges, Dusun Waringin, Dusun Pemuteran, Dusun Keladian,Dusun Pule, Dusun Puragae, dan Dusun Geliang. Dusun Putung dikenal dengan sentra salak bali di Desa Pempatan, sedangkan Dusun Pemuteran dikenal dengan penghasil sayur mayur atau sentra Agronomi dan Hortikultura di Desa Pemtana. Mayoritas mata pencaharian penduduk di Desa Pempatan adalah peternak dan petani. Berdasarkan dari hasil survey lapangan dan data dari perangkat desa maka kami kelompok KKN Desa Pempatan menyusun beberapa program kerja yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Oiya, dalam KKN terdapat beberapa bidang dan dalam bidang tersebut terdiri dari beberapa disiplin ilmu.
Bidang tersebut adalah ;
Bidang 1 : Prasarana Fisik (FT, FTP)
Bidang 2 : Peningkatan Produksi (FP, Fapet)
Bidang 3 : Sosial Budaya (FH, FIB, FE)
Bidang 4 : Kesehaan Masyarakat (FK, FKH)
Masing-masing bidang tersebut diketuai oleh Koor Bidang yang akan mengkoordinir pelaksanaan proker. Setelah proker disetujui oleh DPL untuk selanjutkan diserahkan ke desa untuk mendapatkan persetujuan dari perangkat desa. Nah, kalau proker sudah disetujui untuk langkah selanjutnya ialah menentukan tanggal pelaksanaan proker agar dalam waktu 5 minggu dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu. Bidang Prasarana Fisik melaksanakan perbaikan batas wilayah dusun yang tulisannya sudah mulai luntur, pembuatan dan pemasangan plang penunjuk arah. Bidang Peningkatan Produksi melaksanakan proker Pengolahan Buah Salak menjadi Pudding yang dilaksanakan di Dusun Putung dengan memberdayakan Ibu-Ibu PKK, dan melaksanakan edukasi dan penerapan Teknologi Grafting Terong-Cabai. Bidang Sosial Budaya melaksanakan English Fun di beberapa Sekolah Dasar yang ada di Desa Pempatan salah satunya SD 2 Pempatan, SD 3 Pempatan, dan SD 5 Pempatan. English Fun dilaksanakan setiap seminggu sekali dengan melibatkan mahasiswa KKn dan anak-anak SD, selain itu Bidang 3 melaksanakan Sosialisasi Akta. Sosialisasi Akta ini dilaksanakan dikarenakan masih banyak penduduk di Desa Pempatan yang belum memiliki Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, dan Akta Perceraian. Sosialisasi ini mendatangkan narasumber dari Dinas Catatan Sipil Kabupaten Karangasem. Bidang Kesehatan Masyarakat melaksanakan proker Senam Sehat yang melibatkan Ibu-Ibu PKK masing-masing Dusun, anak-anak SD, dan anak-anak SMPN 2 Rendang, selsin itu Bidang 4 melaksanakan proker Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang dibawa ke masing-masing rumah warga dan pemberian tanaman kumis kucing secara gratis.
KKN di Desa Pempatan memberikan pelajaran baru bagi setiap individu, diantaranya meningkatkan kemandirian, menjalin kerjasama, adaptasi, rasa kekeluargaan, solidaritas, dan bersosialisasi dengan masyarakat di desa. Kami melaksanakan piket (masak dan bersih-bersih Posko) setiap hari di Posko. Setiap hari pula kami melaksanakan Briefing setiap akan melaksanakan kegiatan dan Rapat Evaluasi setiap kali selesai melaksanakan proker.
Posko kami dekat dengan pemandangan alam yang sangat bagus yaitu Gunung Agung dan Bukit Abang. Senang sekali rasanya setiap pagi melihat pemandangan yang sangat indan dan bersyukur masih bisa menikmati keindahan-Nya, san saya pribadi sangat bersyukur dapat tempat KKN yang being so close dengan keindahan dan keagungan Gunung Agung, dan dikelilingi oleh teman-teman KKN yang sangat baik, menyenangkan, dan banyak canda tawa 😍😍😍
Banyak pegalaman baru dan seru yang kami dapatkan di Desa Pempatan, sangat bersyukur semesta merestui kami melaksanakan kegiatan disana. Tak terasa 5 minggu kami melaksanakan KKN di Desa Pempatan, akan selalu kami ingat dan kenang semua kenangan yang telah kami buat disana.
Terimakasih untuk Desa Pempatan, teman-teman KKN (re : Lamis Pempatan), Ibu Ari Sarasmitha, perangkat desa, penduduk desa, alam raya milik semesta dan seluruh pihak yang telah membantu dalam mensukseskan pelaksanaan KKN di Desa Pempatan 😊😊😊😗😗😗



=========================KKN-PPM Periode XV Tahun 2017====================
============================Desa Pempatan-Karangasem======================

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mol Buah Belimbing

Langkah Mudah Mengurangi Sampah Makanan

Pendidikan Lingkungan Sejak Dini